Minggu, 04 Juni 2017

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani,- Puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa dari mulai terbit fajar sampai terbenam matahari. Puasa merupakan salah satu kewajiban bagi umat islam untuk melaksanakannya sebagaimana terdapat pada kitab Al-Qur'an puasa termasuk kedalam rukun islam.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani
Dibalik puasa bisa mendapatkan hikmah dan manfaat bagi diri kita yaitu kesehatan jasmani dan rohani. Kesehatan jasmani adalah kesehatan yang berkaitan dengan kondisi badan kita secara fisik. Sedangkan kesehatan rohani adalah segala hal yang berhubungan dengan mental dan hati.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani



1. Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting dalam tubuh. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan berpuasa. Ketika kita sedang berpuasa, tubuh akan meningkatkan produksi HDL (kolesterol baik) sedangkan LDL (kolesterol jahat) akan ditekan dan diminimalisir. Sehingga pembuluh darah akan selalu dalam keadaan normal dan terhindar dari penyakit jantung dan stroke.


2. Menyehatkan Ginjal

Puasa dapat menyehatkan ginjal karena dengan berpuasa konsumsi air akan meningkatkan konsentrasi urin pada ginjal dan meningkatkan kekuatan osmosis pada urin, sehingga berdampak baik bagi kesehatan ginjal.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan berpuasa produksi limfosit dalam tubuh akan meningkat menjadi 10 kali lipat dari biasanya. Hal ini memberikan dampak baik pada sistem imun kita, sehingga dapat terbebas dari serangan penyakit.

4. Menurunkan Kadar Gula dan Kolesterol

Saat berpuasa perubahan pola makan dari mulai sahur sampai berbuka dapat mengurangi jenis makanan yang mengandung gula dan kolesterol. Hal ini memberikan dampak positif bagi penderita gula dan kolesterol karena menurut penelitian kadar gula dan kolesterol pada orang yang berpuasa akan menurun.

5. Mengurangi Berat Badan

Puasa dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi orang yang memiliki masalah dengan berat badan. Ketika kita berpuasa makanan kita konsumsi sekitar 500-800 kaloti/harinya, Sedangkan biasanya kita mengkonsumsi sekitar 2500 kalori/harinya. Hal tersebut tentu akan mengurangi pasokan makanan dan minuman dalam tubuh, sehingga lama kelamaan berat badan akan turun dan badan menjadi sehat.

6. Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah mengeluarkan atau mengurangi racun dalam tubuh. Dengan kita berpuasa lambung akan bekerja secara optimal saat berbuka, dimana penyerapan nutrisi akan sempurna dan tidak terjadi penimbunan sisa makanan. Sehingga tubuh tetap sehat.

7. Bermanfaat Bagi Pencernaan

Dengan berpuasa kita memberi kesempatan kepada sistem pencernaan untuk istirahat, mengurangi beban kerja saluran pencernaan dan meregenari sel yang terdapat dalam saluran cerna.


Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Rohani



1. Menenangkan Pikiran dan Menentramkan Hati

Selama berpuasa tingkah laku kita terjaga yaitu emosi, tidak marah, perilaku negatif lainnya, sehingga pikiran kita akan tenang dan hati menjadi tentram.

2. Meningkatkan Keimanan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan. Selama bulan Ramadhan ibadah kita akan meningkat dari yang biasanya jarang ikut solat berjamaah, membaca Al-Qur'an, Solat sunah dll kini menjadi sering. Hal tersebut otomatis dapat meningkatkan keimanan pada diri kita.

3. Memiliki Jiwa Sosial Tinggi

Setiap perbuatan amal baik pasti akan diganjar oleh Alloh SWT apalagi selama bulan puasa Alloh akan melipatkan pahala pada siapa saja yang berbuat baik. Selama bulan puasa kita akan termotivasi untuk saling berbagi dan menjalin silaturahmi. Misalnya buka bersama dengan anak yatim di panti asuhan atau di masjid.

4. Mampu menahan Hawa Nafsu

Meskipun sulit untuk menahan hawa nafsu tapi jangan sampai nafsu kita membawa pada jalan yang salah atau kejelekan. Dengan berpuasa kita mampu mengontrol dan mengendalikan hawa nafsu kita.

5. Melatih Kesabaran

Saat berpuasa kita tidak boleh marah atau balas dendam karena  hal tersebut dilarang oleh Alloh SWT. Dengan berpuasa kita akan melatih kesabaran kita dan jauh dari godaan setan.

6. Mencegah dan Menyembuhkan Penyakit Mental

Didalam otak terdapat sel neurogical yang merupakan sel-sel yang membanttu membersihkan sekaligus menyehatkan otak. Saat kita menjalankan puasa, fungsi dari sel neurogical ini akan bekerja dengan maksimal yaitu dengan cara memakan sel-sel neuron yang sakit atau mati. Sehingga penyakit mental dapat dicegah dan dapat disembuhkan.

Demikianlah manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani yang kita dapatkan dengan berpuasa. semoga kita diberikan kesehatan supaya ibadah puasa yang kita jalani menjadi lancar. Amin

Semoga artikel ini bermanfaat...

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar