Sabtu, 29 Juli 2017

Manfaat Air Cucian Beras Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cucian Beras Bagi Kesehatan,- Beras merupakan makanan pokok bagi sebagian negara didunia, seperti di Indonesia. Beras yang di masak akan menjadi nasi yang nikmat untuk dikonsumsi apalagi ditambah dengan berbagai macam lauk pauk.

Manfaat Air Cucian Beras Bagi Kesehatan

Para wanita di berbagai negara khususnya di benua Asia memanfaatkan air beras untuk kesehatan rambut dan kulit. Bahkan air beras menjadi salah satu bahan yang wajib digunakan oleh sebuah suku bernama Suku Yao yang berasal dari Desa Huangluo, Cina. Mereka percaya bahwa air beras dapat membuat rambut mereka panjang,tumbuh sehat, kuat, dan mengkilap.

Tidak hanya Suku Yao, keajaiban dari air beras juga sudah disadari oleh para wanita Asia lain seperti di Jepang dan Korea. Mereka bahkan memanfaatkan air beras untuk membuat kulit mereka menjadi bersih, mulus, dan putih. 

Kandungan Air Beras


Air beras mengandung banyak mineral dan zat yang bermanfaat untuk menyehatkan tubuh baik di dalam maupun di luar. Seperti kandungan asam amino, vitamin, mineral, dan antioksidan. Beras mengandung gula yang menjadikan air beras yang telah di masak mengandung karbohidrat dan sering disebut sebagai air tajin.

Pada umumnya, air beras akan dibuang sebelum dimasak, karena tak banyak yang mengetahui manfaat menakjubkan dari air beras. Selain berasnya, air bekas cucian beras juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat dari air bekas cucian beras?

Manfaat Air Cucian Beras Bagi Kesehatan


1. Sebagai Sumber Energi yang Baik

Karena kaya karbohidrat, air beras secara efektif dapat menambah energi Anda. Dengan minum segelas air cucian beras di pagi hari adalah cara yang tepat untuk meningkatkan energi Anda sepanjang hari.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Jika Anda memiliki masalah pada sistem pencernaan yang tidak lancar, Anda dapat memanfaatkan rebusan air beras sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah tersebut. Manfaat dari air beras ini mampu menormalkan dan menstabilkan asam lambung dalam tubuh.

3. Meredakan Panas Dalam

Air beras dipercaya sejak zaman dahulu digunakan untuk meredakan panas dalam pada tubuh anaknya. Caranya dengan meminum cucian air beras yang sudah dicuci 2-3 kali dan meminumnya setiap pagi dengan catatan beras yang disiapkan benar-benar aman dan bebas dari bahan-bahan kimia.

4. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan sulit untuk diobati. Maka dari itu mencegah lebih baik dari pada mengobati. Anda dapat memanfaatkan air beras yang dapat dijadikan alternatif untuk melindungi tubuh dari risiko timbulnya penyakit kanker.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Salah satu manfaat penting dari air beras adalah dapat menjaga kesehatan otak agar berfungsi dengan baik dan terhindar dari masalah gangguan kesehtatan pada otak seperti pikun atau alzheimer.

6. Meredakan Sakit Tenggorokan

Sama halnya dengan panas dalam, Anda yang mengalami sakit tengorokan juga dapat memanfaatkan air beras. Air beras yang Anda minum sangat ampuh untuk mengobati sakit tengorokan, meredakannya dan mengurangi rasa sakit. Cara penggunaannya juga hampir sama, yaitu dengan cara meminum air cucian berasnya.

7. Sebagai Penghangat Tubuh

Air beras atau sering di kenal juga dengan tajin bisa kita manfaatkan untuk menghangatkan tubuh ketika sedang musim dingin. Hal ini juga sering di manfaatkan orang luar negeri yang sering memanfaatkan air beras sebagai bahan untuk membuat alkohol.

8. Sebagai Pengganjal Lapar

Salah satu manfaat dari air beras adalah sebagai pengganjal lapar. Air beras yang sudah dimasak akan membuat perut kenyang karena air beras mengandung karbohidrat. Air beras ini sangat cocok dikonsumsi bagi balita dan anak-anak yang masih belum bisa mengunyah makanan, seperti nasi. Orang yang sudah dewasa juga boleh mengkonsumsinya karena rasanya yang nikmat dan manis.

9. Meredakan Diare

Selain mengatur fungsi usus, air beras juga merupakan obat alami yang sangat baik untuk meredakan diare. Obat ini aman untuk anak-anak, bahkan untuk bayi sekalipun. Menurut penelitian, air besar secara efektif dapat meringankan gejala diare pada bayi.

10. Menangkal Infeksi Virus

Air beras secara efektif dapat mengembalikan nutrisi yang hilang dan mencegah kehilangan cairan selama demam serta dapat mempercepat proses penyembuhan.

11. Mencegah dan Mengurangi Rambut Rontok

Memiliki rambut yang tipis tentunya akan membuat rasa percaya diri Anda turun, apalagi ditambah dengan masalah seperti kerontokan pada rambut. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan air bekas cucian beras untuk keramas. Pakailah secara teratur selama beberapa menit lalu cuci rambut menggunakan sampo sampai benar-benar bersih, manfaat dari air cucian beras adalah untuk menguatkan akar pada rambut.

12. Mengobati Rambut Kering dan Rusak

Air beras mengandung mineral dan pitera yang dapat mengobati rambut kering dan rusak, Rambut kering dan rusak disebabkan oleh pemakaian zat-zat kimia ataupun penataan rambut yang ekstrim. Air beras akan membantu untuk meregenerasi rambut yang rusak dan kering dengan cara mengembalikan kelembapan pada rambut.

13. Mencerahkan Kulit Wajah

Bagi para wanita yang ingin mendapatkan kulit wajah putih cerah, memanfaatkan air beras bisa menjadi alternatif sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah karena memiliki kandungan oryzanol yang di mana bisa menutrisi kulit agar lebih cerah dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang bisa membuat warna kulit wajah menjadi kusam dan gelap.

14. Mengontrol Minyak Berlebih

Air beras yang mengandung asam amino akan membuat ph pada kulit menjadi stabil. Hal ini akan berdampak pada stabilnya kandungan minyak yang khususnya berada pada kulit wajah. Seperti yang kita ketahui, minyak yang timbul diwajah sering menimbulkan berbagai macam masalah seperti jerawat yang membandel.

15. Mengurangi dan Mencegah Kerutan

Kerutan yang terjadi pada wajah bukan masalah yang langka. Memasuki usia dewasa akan menambah kerutan diwajah dengan sendirinya dan akan mengganggu rasa percaya diri dan penampilan anda. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerutan, salah satunya adalah dengan menggunakan air beras.

16. Mengatasi Jerawat

Terobosan tebaru dari penelitian yang dilakukan oleh dunia kecantikan, ternyata air beras juga ampuh untuk mengatasi masalah jerawat membandel. Caranya Cukup cuci muka setiap pagi hari dengan cucian air beras ke 2 atau 3, lakukan secara rutin dan rasakan bedanya.

17. Sebagai Antioksidan

Air beras yang akan melindungi dari polusi juga cahaya matahari berperan sebagai antioksidan sesua dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Baik kulit maupun tubuh, air beras akan menolong tubuh kita melawan zat berbahaya yang dapat muncul kapan saja.

untuk membuat bagian tubuh menjadi lebih sehat tidak lah mahal. Air beras adalah salah satunya. Karena manfaatnya telah dijelaskan, cobalah untuk menggunakan air beras. Dari pada harus pergi ke salon dan melakukan banyak perawatan yang mengharuskan kita mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

Demikianlah informasi mengenai manfaat air cucian beras bagi kesehatan, semoga bermanfaat dan terima kasih banyak telah berkunjung.

Simak juga artikel lainnya:


Manfaat Air Cucian Beras Bagi Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar