Sabtu, 10 Juni 2017

Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Pengobatan,- Buah kurma merupakan buah yang identik dengan berbuka puasa saat bulan Ramadhan. Maka tidak heran jika saat bulan puasa kurma banyak dijual ditoko, supermarket, dan swalayan. Buah kurma berasal dari Timur Tengah yang termasuk ke dalam tanaman palma dengan nama latin Phoenix dactylifera. 


Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Pengobatan


Manfaat dan khasiat kurma sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan dan pengobatan yang didapat dari kandungannya. Kurma kaya akan kandungan vitamin, serat, mineral, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semua kandungan tersebut dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Kandungan Nutrisi Buah Kurma

Kurma memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, antara lain Thiamin, niasin, folat, dan riboflavin. Buah kurma sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena kandungan hormon sejenis oksitosin. Hormon oksitosin pada buah kurma dapat membantu ibu hamil untuk merangsang kontraksi otot polos ketika menjelang melahirkan. Manfaat kurma pada ibu hamil juga dapat membantu mengurangi pendarahan ketika persalinan. Sari dari buah kurma bisa membantu menstabilkan kondisi ibu hamil dan mengembalikan nutrisinya.

Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Pengobatan


Manfaat dan khasiat kurma dapat diperoleh dengan memakannya secara langsung. Selain bagus untuk kesehatan, buah kurma juga dapat mengatasi dan menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan pada tubuh, diantaranya:

1.Sumber Energi

Kurma merupakan sumber energi yang instan yang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang berbuka puasa untuk mengembalikan stamina. Dengan mengkonsumsi 100 gram kurma segar, Anda telah memenuhi kebutuhan energi harian.

2. Mencegah Rematik

Kurma memang bermanfaat untuk salah satunya dapat mencegah rematik. Kandungan gizi dalam kurma mampu membantu tubuh untuk lebih kebal dalam melawan dan mencegah rematik.

3. Menyehatkan Jantung

Manfaat dan khasiat kurma berikutnya adalah membuat jantung jadi lebih sehat. Buah kurma akan melindungi jantung sehingga dapat bekerja untuk memompa darah dengan baik.

4. Mencegah Penyakit Stroke

Dengan mengkonsumsi buah kurma dapat mengurangi risiko terkena stroke hingga 40%. Makan 100 gram buah kurma berarti telah memberi asupan kalium 400 mg. Kebutuhan kalium tersebut bisa terpenuhi dengan kita mengonsumsi 5 buah kurma setiap hari. Dengan hal itu, maka kandungan kaliumnya akan mencegah kita terkena risiko stroke.

5. Mencegah Anemia

Anemia sering terjadi pada ibu hamil. Anemia pada masa kehamilan dapat diatasi dengan mengkonsumsi kurma. Kandungan zat besi dan kalsium pada kurma berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kandungan asam askorbatnya juga dapat menjaga ketersediaan zat besi dalam tubuh.

6. Mencegah Kanker

Dengan kandungan atioksidan tinggi, kuma berguna untuk melindungi tubuh dan menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker. Zat-zat fitokimia dalam kurma yang dapat mencegah penyakit kanker antara lain polifenol, sterol, tanin, dan karoten.

7. Mencegah Kanker Otak

Kandungan mineral yang tinggi pada kurma antara lain magnesium, sulfur, boron, dan potassium bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker otak. Dengan mengkonsumsi 15 buah kurma setiap hari, maka kebutuhan tubuh dari mineral cukup terpenuhi.

8. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kurma mnegandung 20 asam amino yang berperan dalam proses pencernaan. Kurma sangat bagus untuk menjaga kesehatan organ-organ pencernaan serta meningkatkan metabolisme tubuh. 2 sendok makan sari kurma dipagi hari dapat bermanfaat untuk merangasang gerak peristaltik yang bisa mengatasi masalah sembelit.

9. Mengatasi Diabetes dan Demam Berdarah

Buah kurma sangat disarankan untuk Anda yang mengalami masalah diabetes, karena kurma dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Selain itu, kurma juga dapat menyembuhkan demam berdarah.

10. Mengobati Diare

Kurma yang ranum mengandung potassium, yang dikenal efektif untuk mengendalikan diare. Kurma juga mudah ditelan, yang membantu meringankan diare kronis. Serat terlarut pada kurma juga dapat membantu penyembuhan diare, dengan membantu kinerja usus dan mempromosikan fungsi sistem pembuangan yang normal dan sehat.

Manfaat dan khasait kurma yang lainnya:

1. Meningkatkan kesehatan usus.
2. Meningkatkan daya ingat dan kerja otak.
3. Mencegah insomnia.
4. Mencegah penggumpalan darah.
5. Melancarkan sistem pencernaan.
6. Menyehatkan penderita hipertensi.
7. Menjaga kesehatan mata.
8. Membantu dalam perkembangan otot.
9. Mencegah stres.
10. Penangkal racun.
11. Menjaga kesehatan tulang.
12. Meningkatkan berat badan.
13. Mengatasi alergi.

Demikianlah beberapa manfaat dan khasiat buah kurma untuk kesehatan dan pengobatan berbagai macam penyakit. semoga artikel ini dapat bermanfaat..

Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar